Byakugan Vs Sharingan: Sebenarnya mana sih Dojutsu yang paling Kuat?

Di antara dojutsu atau teknik mata yang terdapat di serial Naruto maupun Boruto, hanya ada dua yang sangat familiar bagi kita. Kedua dojutsu itu adalah Byakugan dan Sharingan. Byakugan adalah dojutsu milik klan Hyuga, sedangkan Sharingan adalah dojutsu milik klan Uchiha.
Sepanjang serial Naruto, dojutsu Sharingan lebih banyak disorot. Apa itu karena Sharingan lebih kuat daripada Byakugan? Kita akan mencari tahu jawabannya di sini, Loopers. Kita akan membandingkan kekuatan dari kedua dojutsu ini.
Perbandingan kekuatan Byakugan vs Sharingan pada tingkat dasar


Di tingkat dasar, Byakugan lebih kuat daripada Sharingan. Sharingan bisa melihat chakra lawan. Byakugan juga bisa melakukan itu, tapi dengan detail yang lebih akurat. Pengguna Sharingan bisa mengkopi jutsu lawan dan menggunakan jutsu tersebut. Meskipun Byakugan tidak bisa melakukan kopi jutsu, pengguna Byakugan memiliki pandangan 360ยบ yang membuatnya bisa melihat serangan musuh dari segala arah.
Mengetahui pergerakan musuh lebih penting di medan pertempuran daripada mengkopi jutsu. Sehebat apa pun jutsu yang dimiliki, jika tidak bisa melihat serangan musuh yang datang, hasilnya tetap percuma.
Keistimewaan lainnya yang dimiliki Byakugan dan Sharingan pada tingkat dasar ialah pengguna Sharingan bisa memanfaatkan matanya untuk membuat ilusi dan mempengaruhi pikiran. Tapi teknik ini sangat mudah dihindari. Sedangkan pengguna Byakugan bisa memiliki penglihatan X-ray. Dengan penglihatan X-ray, pengguna Byakugan bisa melihat suatu objek di balik dinding yang tebal. Bahkan jangkauan yang bisa dicapainya sejauh 10 kilometer.


Perbandingan kekuatan Byakugan vs Sharingan pada tingkat atas


Pada tingkat atas, Sharingan bisa berevolusi menjadi Mangekyo Sharingan. Inilah yang membuat dojutsu Sharingan lebih banyak disorot daripada dojutsu Byakugan. Jika Mangekyo Sharingan aktif di kedua mata, maka penggunanya bisa melakukan teknik Susanoo (makhluk raksasa yang mengelilingi tubuh pengguna dan bertarung dengan kendali mereka).
Setelah berada di tahap Mangekyo Sharingan, dojutsu ini kemudian bisa berevolusi lagi menjadi Rinnegan. Sedangkan Byakugan hanya bisa berevolusi menjadi Tenseigan. Tapi di sepanjang serial Naruto, bangkitnya mata Tenseigan adalah kejadian yang sangat langka.
Jika berbicara soal kekuatan Mangekyo Sharingan, tiap pengguna memiliki kekuatan yang berbeda. Seperti Sasuke dan Itachi yang bisa mengeluarkan api abadi amaterasu, teknik ilusi yang dimiliki Itachi juga semakin maksimal. Sedangkan Shisui bisa mengendalikan pikiran tanpa disadari oleh korbannya, sedangkan Obito dan Kakashi bisa mengakses dimensi lain dengan sangat cepat. Keunikan yang dimiliki Mangekyo Sharingan ini membuatnya lebih unggul dan kuat daripada Byakugan.
Akan tetapi, di tingkat yang lebih atas lagi, jika Byakugan berevolusi menjadi Tenseigan dan Sharingan berevolusi menjadi Rinnegan, maka kedua mata ini memiliki kekuatan yang setara.

0 komentar