10 Gelandang Terbaik 2017


Era sepak bola modern ditandai dengan meningkatnya kontribusi gelandang dalam berbagai skema permainan yang diterapkan oleh seluruh tim di dunia, baik tim yang mengandalkan umpan pendek maupun panjang.

Hal yang sama juga tetap terjadi sepanjang 2017, dan selama tahun tersebut terdapat beberapa pemain di posisi gelandang yang tampil konsisten dan menjadi pemain penting bagi timnya.

Berikut adalah sepuluh gelandang terbaik tahun 2017 versi 90MiN Indonesia.

10. Lorenzo Insigne (Napoli)

Konsistensi yang ditunjukkan oleh Napoli sepanjang 2017 membuat mereka seringkali dianggap sebagai tim dengan peluang terbesar untuk meruntuhkan dominasi Juventus dalam sepak bola Italia.

Dari seluruh pemain yang ada di dalam skuat Il Partenopei sepanjang periode tersebut, nama Lorenzo Insigne menjadi salah satu yang tampil paling konsisten dan menjadi aset yang berharga dalam tim asuhan Maurizio Sarri tersebut.

9. Miralem Pjanic (Juventus)

Peran seorang gelandang bertahan dalam sepak bola seringkali luput dari sorotan berbagai pihak yang lebih sering melihat kontribusi dalam bentuk gol yang dicetak oleh penyerang atau gelandang serang.

Miralem Pjanic menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik di Eropa berdasarkan konsistensi yang ia tunjukkan bersama Juventus selama 2017 dan kemampuannya untuk menjadi penghubung antara lini belakang dan depan Bianconeri.

8. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Kedatangan Pep Guardiola sebagai manajer Manchester City pada musim 2016/17 menyebabkan berbagai pemain yang ada di tim tersebut mengalami peningkatan kualitas yang cukup signifikan.

Hal yang sama juga terjadi bagi Kevin De Bruyne, yang saat ini dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di Premier League.

7. Christian Eriksen (Tottenham Hotspur)

Walau tidak melakukan perubahan yang signifikan terhadap pemain-pemain yang ada di dalam skuat mereka, Tottenham Hotspur tetap menjadi salah satu tim yang diwaspadai di Premier League sepanjang 2017.

Pada posisi gelandang, nama Christian Eriksen menjadi sosok yang memberikan nyawa dalam permainan tim asuhan Mauricio Pochettino tersebut melalui umpan-umpan tajamnya dari lini tengah.

6. Andres Iniesta (FC Barcelona)

Tahun 2017 diwarnai dengan berbagai kontroversi bagi Barcelona, baik permasalahan di dalam direksi maupun kejadian berlatar belakang politik yang mempengaruhi tim tersebut di luar lapangan.

Walau demikian, Andres Iniesta tetap menjadi salah satu pemain paling konsisten dalam skuat Barcelona, dan mengalami peningkatan performa yang signifikan pada paruh pertama musim 2017/18 berkat kecocokannya dengan taktik yang digunakan oleh Ernesto Valverde sebagai pelatih.

5. Eden Hazard (Chelsea)

Performa yang ditunjukkan oleh Eden Hazard membuatnya disebut sebagai pemain terbaik dalam skuat Chelsea saat ini berdasarkan pengaruhnya ke dalam permainan yang ditunjukkan oleh tim London Barat tersebut. 

Sepanjang 2017, Hazard mampu menunjukkan kemampuannya untuk memberikan kontribusi yang signifikan baik saat bermain dalam posisi sayap maupun saat diturunkan di belakang penyerang tengah. 

4. Philippe Coutinho (Liverpool)

Spekulasi mengenai masa depan Philippe Coutinho sebagai pemain Liverpool memberikan sorotan yang besar terhadap pemain yang berasal dari Brasil ini, dan walau demikian, mantan pemain Inter Milan ini tetap mampu menjadi bagian penting dalam skuat The Reds.

Berbagai gol dengan signifikansi tinggi dan performa yang konsisten sepanjang 2017 membuatnya pantas disebut sebagai salah satu gelandang serang terbaik di Inggris saat ini.

3. Toni Kroos (Real Madrid)

Cristiano Ronaldo memang selalu menjadi pemain utama yang mendapatkan sorotan dalam skuat Real Madrid dalam beberapa waktu terakhir berkat berbagai penghargaan individual yang ia raih selain gelar bersama tim ibu kota Spanyol tersebut.

Salah satu pemain yang berperan penting dalam keberhasilan yang diraih Los Blancos sepanjang 2017 adalah Toni Kroos, yang mampu mempertahankan konsistensi sebagai salah satu gelandang terbaik di Eropa saat ini.  

2. N'Golo Kante (Chelsea)

Keberhasilan N'Golo Kante membantu Leicester City dan Chelsea meraih gelar Premier League pada musim 2015/16 dan 2016/17 membuatnya dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di Inggris.

Sepanjang 2017 bersama Chelsea, Kante cukup sering mendapat kebebasan untuk membantu pemain-pemain di lini depan dan mampu mengembangkan permainannya secara keseluruhan.

1. Luka Modric (Real Madrid)

Keberhasilan Real Madrid meraih gelar La Liga dan Champions League pada musim 2016/17 membuat tim asuhan Zinedine Zidane itu kembai dianggap sebagai tim terbaik di Eropa, walau performa mereka pada paruh pertama musim berikutnya memang mengecewakan.

Sepanjang 2017, salah satu pemain yang tampil paling konsisten di lini tengah Los Blancos adalah Luka Modric, yang berhasil menjadi pemain tak tergantikan dalam skuat tim ibu kota Spanyol tersebut meskipun musim 2017/18 sejauh ini tidak berjalan sesuai harapan.

0 komentar