10 Momen Tak Terlupakan di Dunia Sepak Bola Sepanjang 2017 (Bagian I)


10. Donnarumma Dilempari Uang Palsu

Meskipun tidak pernah berniat meninggalkan klub yang dibelanya saat ini, kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma  sempat mendapat tekanan besar dari pendukungnya karena sempat tak ingin memperpanjang kontraknya pada Juli 2017.

Alhasil, ia pun dilempari uang palsu saat membela Timnas Italia U21 di pertandingan melawan Denmark pada 18 Juni lalu. Namun, akhirnya Donnarumma memutuskan untuk mengubah keputusannya dan setuju untuk menandatangani kontrak baru bersama AC Milan. 

9. Leicester City Pecat Ranieri

Claudio Ranieri sukses mengantarkan Leicester City menjadi juara Premier League 2015/16. Sayangnya, kesuksesan tersebut tidak terulang lagi di musim 2016/17, Jamie Vardy dkk sempat menghadapi ancaman degradi di Premier League 2016/17

Kontan hasil ini membuat manajemen klub Leicester City pun dengan terpaksa memecat Ranieri pada Februari 2017,  hanya 10 bulan setelah ia membawa The Foxes menjadi juara Premier League 2015/16.  

8. Wayne Shaw Makan Kue

Salah satu laga di babak kelima FA Cup 2016/17 mempertemukan Arsenal dengan tim non liga, Suton pada Februari 2017. Kala itu, kiper cadangan Suton, Wayne Shaw yang memang terkenal suka membuat sensasi terlihat makan pie saat pertandingan sedang berlangsung. Dia pun menjadi terkenal karena aksi uniknya itu. 

Tapi usut punya usut, aksinya itu karena ada bursa taruhan yang menantangnya untuk makan pie.Tak mau mencorengkan nama klub, Shaw langsung mengundurkan diri sehari kemudian.

7. "Wenger Out" Ada di Mana-mana

Manajer Arsenal, Arsene Wenger sempat menjadi salah satu perbincangan hangat publik yang menginginkannya mengundurkan diri dari masa jabatannya di klub yang bermarkas di kota London tersebut pada April 2017.

Kala itu, suporter The Gunners tidak puas dengan penampilan Arsenal di liga dan juga Champions League. Hal itu  membuat pendukung Arsenal marah dan memulai kampanye #WengerOut.

Apalagi posisi mereka ketika itudi bawah rival sekota, Tottenham Hotspur. Tak hanya itu, saat itu mereka juga terancam tidak berpartisipasi di Champions League 2017/18. 

Hasilnya memang cukup buruk, Arsenal untuk pertama kalinya dalam 22 tahun terakhir berada di bawah rival sekotanya, Tottenham Hotspur dan mereka tidak berlaga di UCL musim ini. Kendati di akhir musim Wenger sukses mempersembahkan trofi FA Cup. 

6. Messi Pamer Jersey di El Clasico

Megabintang Barcelona, Lionel Messi membuat kejutan saat melakukan selebrasi yang tak biasa pada April 2017. Ia mendatangi tribun pendukung Real Madrid dan menunjukkan jerseynya di hadapan mereka. 

Hal itu dilakukannya setelah Ia berhasil mencetak gol kemenangan Barcelona di menit terakhir laga El Clasico saat kedudukan imbang 2-2. 

Selebrasi ini dianggap unik karena Messi yang kita kenal lebih kalem dan mungkin hanya menghampiri rekan-rekan setimnya ketika merayakan gol. 

5. Bus Dortmund Kena Bom

Borussia Dortmund sedang bersiap menghadapi AS Monaco di leg pertama delapan besar Champions League pada Kamis (13/4) dini hari WIB, ketika bus yang mereka naiki meledak.

Total ada tiga ledakan terjadi ketika Dortmund tengah menaiki bus untuk pergi dari hotel di area Hochsten ke Signal Iduna Park.

Marc Bartra adalah bek tengah andalan Borussia Dortmund yaag menjadi satu-satunya korban ledakan bom di dekat bus pemain April lalu. Kala itu, ia terkena pecahan kaca dan mengalami sedikit retak pergelangan tangan.

Bartra pun harus absen selama kurang lebih satu bulan sejak insiden tersebut. Nasib baik ia bisa bermain kembali saat Dortmund menghadapi Werder Bremen pada Mei 2017.

4. Comeback Barcelona dari PSG di Perempat Final UCL 2016/17

Paris Saint-Germain berada di atas angin saat mereka menang 4-0 dari Barcelona di leg pertama perempat final UCL 2016/17. 

Sayangnya, Lionel Messi dkk berhasil membalikkan keadaan di leg kedua, mereka berhasil menang 6-1 dari Edinson Cavani dkk dan lolos ke semifinal dengan agregat 6-5. 

Pemain Paris Saint-Germain, Neymar  yang kala itu masih berseragam Barcelona sukses menyumbangkan gol melalui tendangan bebas, mengeksekusi penalti dengan sempurna, dan sukses menyumbangkan sebuah assist untuk menjadi gol penentu dari Sergi Roberto. 

3. Egy Maulana masuk 60 Talenta Muda Terbaik versi Media Inggris

 Pemain muda berbakat Indonesia, Egy Maulana masuk ke dalam daftar Next Generation 2017,  yang berisikan 60 calon pemain muda dari seluruh dunia. Media Inggris, Guardian memilih Egy atas pencapaiannya menjadi top skor dengan raihan delapan gol di Piala AFF U18 pada September 2017.

Daftar itu pun merupakan seri keempat yang dirilis Guardian dalam membahas para pemain muda berbakat tersebut. 

Selain Egy, terdapat nama-nama top seperti pemain muda Real Madrid, Vinicios Junior dan pemain muda asal Spanyol yang membela akademi Barcelona, Abel Ruiz.

2. Transfer Saga Neymar

Saga transfer striker asal Brasil, neymar ke Paris Saint-Germain sempat membuat semua pecinta sepakbola kaget. Pasalnya, PSG mengeluarkan 222 juta euro untuk menebus release fee sang pemain berusua 25 tahun tersebut dari Barcelona. 

Menariknya, Chief Divisi Primera, Javier Tebas, sempat berencana membatalkan transfer tersebut. Namun, rencana tersebut tidak berhasil dan Neymar tetap hijrah dari La Liga ke Ligue 1.

1. Italia Gagal ke Piala Dunia 2018

Untuk pertama kalinya Timnas Italia lolos ke Piala Dunia sejak 1958. Menghadapi Swedia di babak play-off, Gianluigi Buffon cs secara mengejutkan dibuat tidak berkutik oleh Swedia. 

Kalah 0-1 di leg pertama di Swedia, mereka tidak mampu mencetak gol di leg kedua yang dimainkan di San Siro, Milan. Pelatih Italia, Gian Piero Ventura pun jadi kambing hitam dan banyak yang menyalahkannya karena taktik dan susunan pemain yang dimainkannya.

1 komentar: