15 Klub dengan Nilai Pasar Tertinggi


Nilai pasar yang dimiliki sebuah klub dapat menjadi tolok ukur untuk menilai kesuksesan klub tersebut baik di dalam maupun luar lapangan, dan juga dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi calon investor yang dapat menjadi sponsor untuk memberikan dana operasional tambahan.

Setiap klub yang ada di dunia berlomba-lomba untuk meningkatkan nilai pasar mereka dengan berbagai cara, namun pada akhirnya akan ada klub lain dengan kekuatan finansial yang lebih tinggi (sebelum peringkat teratas).

Berikut adalah 15 klub dengan nilai pasar tertinggi berdasarkan data yang dihimpun dari Transfermarkt

.

15. AS Roma: 363,10 juta euro

Dominasi Juventus dalam sepak bola Italia tidak menghalangi klub-klub lain untuk mencoba berkembang dalam berbagai aspek baik di dalam maupun luar lapangan, tak terkecuali bagi AS Roma.

Tim yang kini memiliki Eusebio Di Francesco sebagai pelatih utama itu memiliki 26 pemain dalam skuat utama dengan rataan umur 27,3 tahun. Klub Italia tersebut memiliki nilai pasar 363,10 juta euro. 

Secara keseluruhan rata-rata nilai pemain yang mereka miliki adalah 13,97 juta euro, dengan nilai dari 18 pemain termahal mereka yang mencapai 324,5 juta euro.

Total nilai pemain dalam skuat AS Roma memberikan kontribusi sebesar 89,4% dalam nilai pasar klub tersebut.

14. Napoli: 411,70 juta euro

Konsistensi yang ditunjukkan oleh Napoli sepanjang 2017 membuat mereka memiliki peluang besar untuk menjadi klub yang meruntuhkan dominasi Juventus dalam sepak bola Italia saat ini.

Tim asuhan Maurizio Sarri tersebut memiliki 25 pemain dalam skuat utama mereka dengan rata-rata umur 27,2 tahun. Il Partenopei memiliki nilai pasar 411,70 juta euro dan dapat mengalami peningkatan yang signifikan dalam waktu dekat.

Secara keseluruhan rata-rata nilai pemain yang mereka miliki adalah 16,47 juta euro, dengan nilai dari 18 pemain termahal dalam skuat utama mereka yang mencapai 391,50 juta euro.

Total nilai pemain dalam skuat Napoli memberikan kontribusi sebesar 95,1% dalam nilai pasar klub tersebut.

13. Borussia Dortmund: 418,95 juta euro

Meskipun masih tidak dapat mengejar Bayern Munchen yang menguasai sepak bola Jerman dalam lima tahun terakhir, Borussia Dortmund masih menjadi salah satu klub dengan pengaruh yang besar di dalam negara tersebut.

Tim yang bermarkas di Signal Iduna park itu memiliki 29 pemain dalam skuat utama mereka dengan rata-rata usia 25,9 tahun. Die Borussen memiliki nilai pasar sebesar 418,95 juta euro.

Secara keseluruhan rata-rata nilai dari pemain yang mereka miliki adalah 14,45 juta euro, dengan nilai dari 18 pemain termahal dalam skuat mereka mencapai angka 376,75 juta euro.

Total nilai pemain dalam skuat Borussia Dortmund itu memberikan kontribusi sebesar 89,9% terhadap nilai pasar mereka.

12. Arsenal: 509,50 juta euro

Sebagai klub yang terlihat lebih menunjukkan fokus untuk meningkatkan pendapatan yang mereka raih dalam satu periode finansial, Arsenal memiliki model bisnis yang memungkinkan mereka untuk memiliki nilai komersial yang tinggi.

Tim asuhan Arsene Wenger itu memiliki 27 pemain dalam skuat utama mereka dengan rata-rata usia 27,3 tahun. The Gunners tercatat memiliki nilai pasar pada angka 509,50 juta euro saat ini.

Secara keseluruhan rata-rata nilai pemain yang ada di dalam skuat mereka adalah sebesar 18,87 juta euro dengan 18 pemain termahal dalam skuat mereka yang bernilai 458 juta euro.

Total pemain yang ada di dalam skuat Arsenal memberikan kontribusi terhadap 89,9% nilai pasar yang mereka miliki saat ini.

11. Liverpool: 514,50 juta euro

Sebagai pemilik, kinerja Fenway Sports Group (FSG) cukup sering mendapatkan sorotan negatif dari pendukung Liverpool yang menganggap konsorsium pengusaha dari Amerika Serikat tersebut tidak memberikan pengaruh signifikan walau kenyataannya tidak seperti anggapan yang ramai diperbincangkan.

Tim asuhan Jurgen Klopp itu memiliki 29 pemain dalam skuat utama mereka dengan rata-rata usia 25,6 tahun. The Reds memiliki nilai pasar sebesar 514,50 juta euro saat ini.

Secara keseluruhan rata-rata nilai 17,74 juta euro, dengan 18 pemain termahal di dalam skuat mereka tercatat memiliki nilai sebesar 461 juta euro.

Total pemain yang ada di dalam skuat Liverpool memberikan kontribusi sebesar 89,6% terhadap nilai pasar klub tersebut.

10. Tottenham Hotspur: 551 juta euro

Konsistensi yang ditunjukkan oleh Tottenham Hotspur dalam tiga musim terakhir memang belum dapat memberikan gelar bagi tim London Utara tersebut, namun saat ini mereka termasuk tim yang sama sekali tidak dapat diremehkan di Premier League.

Tim asuhan Mauricio Pochettino tersebut memiliki 24 pemain dalam skuat utama mereka dengan rata-rata usia 26,2 tahun. Spurs memiliki nilai pasar keseluruhan sebesar 551 juta euro.

Secara keseluruhan rata-rata pemain yang ada di dalam skuat mereka berada pada angka 22,96 juta euro, dengan 18 pemain termahal dalam skuat mereka tercatat memiliki nilai sebesar 524 juta euro.

Total pemain yang ada di dalam skuat Spurs memberikan kontribusi sebesar 95,1% terhadap nilai pasar mereka.

9. Juventus: 578,80 juta euro

Dominasi yang dijalani oleh Juventus dalam sepak bola Italia dalam enam tahun terakhir membuat mereka sangat sulit untuk dibendung di negara tersebut baik di dalam maupun luar lapangan.

Tim asuhan Massimiliano Allegri tersebut memiliki 25 pemain dalam skuat utama mereka, dengan rata-rata usia 28,8 tahun. Bianconeri juga memiliki nilai pasar yang berada pada angka 578,80 juta euro.

Secara keseluruhan nilai rata-rata pemain yang dimiliki oleh Juventus bernilai 23,15 juta euro, dengan 18 pemain termahal dalam skuat mereka memiliki nilai 535,50 juta euro.

Total pemain yang ada di dalam skuat mereka memberikan kontribusi sebesar 92,2% terhadap nilai pasar mereka.

8. Manchester United: 592,75 juta euro

Walau seringkali dianggap sebagai klub terbesar di Inggris, Manchester United bukan merupakan klub dengan nilai pasar tertinggi di dalam negara tersebut setelah mengalami kesulitan untuk mendapatkan kesuksesan dalam beberapa musim terakhir.

Tim asuhan Jose Mourinho tersebut memiliki 26 pemain di dalam skuat utama mereka dengan rata-rata usia 27,3 tahun. Secara keseluruhan mereka juga memiliki nilai pasar pada angka 592,75 juta euro.

Secara keseluruhan rata-rata pemain yang ada di dalam skuat mereka memiliki nilai sebesar 22,80 juta euro, dengan 18 pemain termahal dalam skuat mereka tercatat memiliki nilai 544 juta euro.

Total dari nilai tersebut memberikan kontribusi sebesar 91,8% terhadap nilai pasar yang dimiliki Manchester United.

7. Atletico Madrid: 609 juta euro

Keberhasilan Atletico Madrid meraih gelar juara La Liga pada musim 2013/14 menjadi dasar bagi tim ibu kota Spanyol tersebut untuk terus membangun skuat yang dapat menjaga keberadaan mereka di posisi empat besar La Liga.

Tim asuhan Diego Simeone tersebut memiliki 24 pemain di dalam skuat utama mereka dengan rata-rata usia 27,4 tahun. Los Rojiblancos memiliki nilai pasar sebesar 609 juta euro.

Secara keseluruhan rata-rata pemain yang ada di dalam skuat Atletico memiliki nilai sebesar 25,38 juta euro, dengan 18 pemain termahal yang mereka miliki tercatat bernilai 588 juta euro.

Kontribusi mereka terhadap nilai pasar Atletico Madrid secara keseluruhan tercatat pada angka 91,8%.

6. Manchester City: 629,50 juta euro

Usaha yang dilakukan oleh Manchester City untuk membangun citra dan skuat mereka dalam beberapa tahun terakhir membuat mereka saat ini menjadi klub yang berada dalam puncak sepak bola Inggris.

Tim asuhan Pep Guardiola tersebut memiliki 21 pemain dalam skuat utama mereka, dengan rata-rata usia 27,1 tahun. City memiliki nilai pasar 629,50 juta euro saat ini.

Secara keseluruhan pemain di dalam skuat mereka memiliki rata-rata nilai pasar sebesar 29,98 juta euro, dengan 18 pemain termahal di dalam skuat mereka tercatat bernilai 609 juta.

Total pemain yang ada di dalam skuat City tercatat memiliki kontribusi sebesar 96,7% terhadap klub tersebut.

5. Chelsea: 631,90 juta euro

Kebijakan yang diterapkan oleh Chelsea untuk tidak melakukan pengeluaran besar-besaran untuk mendatangkan pemain-pemain baru tidak hanya membuat mereka berada pada posisi yang aman dari pemeriksaan badan keuangan UEFA, tetapi juga memberikan peningkatan yang signifikan terhadap citra mereka.

Tim asuhan Antonio Conte tersebut memiliki 26 pemain di dalam skuat mereka dengan rata-rata usia 27,1 tahun. The Blues memiliki nilai pasar sebesar 631,90 juta euro saat ini.

Tim London Barat tersebut memiliki rata-rata nilai pasar dari pemain mereka sebesar 24,30 juta euro dengan 18 pemain termahal di dalam skuat mereka tercatat bernilai 578,50 juta euro.

Total dari nilai tersebut memberikan kontribusi sebesar 91,5% terhadap nilai pasar City secara keseluruhan.

4. Bayern Munchen: 634,25 juta euro

Status Bayern Munchen sebagai penguasa sepak bola Jerman sudah tidak dapat diragukan lagi, dan kinerja direksi Die Roten membuat mereka berada dalam kondisi finansial yang stabil.

Tim yang saat ini memiliki Jupp Hencykes sebagai pelatih utama itu memiliki 27 pemain dalam skuat utama mereka dengan rata-rata usia 26,6 tahun. Nilai pasar mereka saat ini berada pada angka 634,25 juta euro.

Secara keseluruhan pemain-pemain yang ada di dalam skuat Bayern memiliki rata-rata nilai pasar 23,49 juta euro, dengan 18 pemain termahal di dalam skuat mereka tercatat memiliki nilai 623,50 juta euro.

Total dari nilai tersebut memberikan kontribusi terhadap 98,3% dari nilai pasar Bayern Munchen secara keseluruhan.

3. Paris Saint-Germain: 648,40 juta euro

Proyek dengan investasi besar yang dijalani Paris Saint-Germain dalam beberapa tahun terakhir membuat mereka menjadi penguasa tunggal dalam sepak bola Prancis baik di dalam maupun luar lapangan.

Tim asuhan Unai Emery ini memiliki 24 pemain di dalam skuat mereka dengan rata-rata usia 26,1 tahun. Tim ibu kota Prancis ini memiliki nilai pasar yang berada pada angka 648,40 juta euro.

Secara keseluruhan rata-rata pemain dalam skuat PSG memiliki nilai pasar sebesar 27,02 juta euro, dengan 18 pemain termahal mereka memiliki nilai yang tercatat sebesar 629 juta euro.

Total dari nilai tersebut memberikan kontribusi sebesar 97% terhadap nilai pasar Paris Saint-Germain.

2. Real Madrid: 858,50 juta euro

Kesuksesan yang diraih Real Madrid di kompetisi Eropa dalam empat musim terakhir membuat mereka memiliki dasar yang kuat untuk terus membangun skuat mereka dalam jangka panjang.

Tim asuhan Zinedine Zidane tersebut memiliki 23 pemain di dalam skuat utama mereka dengan rata-rata usia 26,2 tahun. Los Blancos memiliki nilai pasar sebesar 858,50 juta euro saat ini.

Secara keseluruhan pemain-pemain yang ada di dalam skuat tim ibu kota Spanyol ini memiliki rata-rata nilai pasar sebesar 37,33 juta euro, dengan 18 pemain termahal di dalam skuat mereka memiliki nilai sebesar 801 juta euro.

Total nilai tersebut berpengaruh terhadap keseluruhan nilai pasar dalam tim tersebut sebesar 93,3%.

1. FC Barcelona: 902,50 juta euro

Walau cukup sering mendapatkan kritik terkait kinerja pihak direksi klub dalam beberapa musim terakhir, tetapi nama Barcelona tetap dapat bertahan di daftar klub dengan nilai pasar tertinggi.

Tim asuhan Ernesto Valverde tersebut memiliki 24 pemain dalam skuat utama mereka dengan rata-rata usia 27,7 tahun. Blaugrana memiliki nilai pasar 902,50 juta euro saat ini dan menjadi yang tertinggi di dunia.

Secara keseluruhan pemain-pemain yang ada di dalam skuat mereka memiliki nilai rata-rata sebesar 37,60 juta euro, dengan 18 pemain termahal mereka tercatat bernilai 843 juta euro.

Total dari nilai tersebut memberikan kontribusi sebesar 93,4% terhadap nilai pasar mereka secara keseluruhan.

0 komentar