5 Pemain yang Seharusnya Pensiun pada Akhir Musim 2017/18

Sejumlah pemain hebat di dunia sepakbola memilih untuk mengakhiri kariernya di akhir tahun 2017 atau musim 2017/18. Nama-nama seperti Andrea Pirlo, Xavi Hernandez hingga Gianluigi Buffon telah mengumumkan untuk pensiun. Namun beberapa nama yang sudah cukup tua atau kariernya sudah tak lagi mentereng masih bermain dan belum berencana untuk pensiun.


Berikut adalah lima pemain yang seharusnya pensiun pada akhir musim 2017/18:

5. Andrea Barzagli



Andrea Barzagli saat ini telah berusia 36 tahun, namun dirinya masih jadi bagian penting Juventus. Setelah pensiun dari timnas Italia akibat gagalnya Gli Azzurri lolos ke Piala Dunia 2018, alangkah baiknya Barzagli juga pensiun di akhir musim 2017/18.

Kontraknya bersama Juventus yang berakhir pada akhir musim ini juga belum diperpanjang. Jika memilih pensiun, dirinya tak perlu menyesal karena sudah meraih banyak trofi mentereng, termasuk Piala Dunia pada 2006 lalu.

4. Wes Brown



Mungkin tak banyak yang tahu bahwa eks bek Manchester United, Wes Brown saat ini masih bermain. Kini ia tercatat membela klub India, Kerala Blasters. Karier Brown mulai meredup kala bergabung dengan Sunderland pada 2011 silam. Kualitasnya menurun dan bahkan ia sempat tak memiliki klub pada 2016 lalu sebelum dikontrak oleh Blackburn Rovers.

Pensiun mungkin akan jadi pilihan bijak bagi Brown di akhir musim 2017/18 ini, mengingat usianya juga sudah mencapai 39 tahun pada 2018 mendatang.

3. Tim Howard



Masa-masa puncak karier Tim Howard telah berakhir. Sejak dirinya hengkang dari Everton pada 2016 lalu, namanya sudah tak lagi begitu terdengar. Dirinya kini membela klub MLS, Colorado Rapids.

Di usianya yang telah menginjak 38 tahun, Howard memang sah-sah saja untuk bermain karena posisinya sebagai penjaga gawang, namun opsi untuk menjadi pelatih atau berprofesi sebagai pundit mungkin bisa jadi pilihan tepat untuknya di akhir tahun 2018 mendatang.

2. Cristian Gonzales



Penyerang yang kini masih berstatus milik Arema FC, Cristian Gonzales belum berencana untuk pensiun. Padahal, pemain berdarah Uruguay ini telah berusia 41 tahun. Catatan golnya pun menurun drastis pada gelaran Liga 1 2017. Ia hanya mencetak tujuh gol di sepanjang musim.

Kini eks pemain Persik Kediri tersebut dikabarkan ditunjuk PSSI sebagai asisten Bima Sakti untuk menangani timnas U19. Walau belum resmi, namun opsi untuk mengambil lisensi kepelatihan yang lebih tinggi dan menjadi pelatih klub ataupun timnas mungkin akan tepat untuk Gonzales.

1. Rafael Marquez



Bek andalan Barcelona di era 2006, Rafael Marquez hingga kini masih berstatus sebagai pemain sepakbola profesional. Dirinya saat ini membela tim masa kecilnya, Atlas Guadalaraja di Meksiko. Ia telah membela klub tersebut sejak 2016 lalu.

Marquez merupakan salah satu tandem Carles Puyol di jantung pertahanan walaupun juga beberapa kali dimainkan sebagai gelandang bertahan. Dirinya juga masih bermain untuk timnas Meksiko.

Pemain 38 tahun ini belum berniat untuk pensiun. Namun opsi tersebut sepertinya harus dipikirkan Marquez setelah Piala Dunia 2018 apabila dirinya kembali membela Meksiko.

0 komentar