Rapor 10 Pemain Top yang Direkrut pada Musim Panas 2017

Berbagi pemain top telah direkrut pada musim panas 2017 lalu untuk memperbaiki serta memperkuat kualitas tim. Namun berbagai pemain yang diboyong tersebut menjalani paruh musim yang berbeda-beda. Ada yang tampil jauh di atas ekspektasi tim yang memboyongnya, ada pula yang masih kesulitan untuk menampilkan performa yang diharapkan.

Berikut adalah rapor 10 pemain top yang direkrut pada musim panas 2017:

10. Leonardo Bonucci - 5

Diboyong dengan mahar 42 juta euro dari Juventus, AC Milan tentu berharap Leonardo Bonucci bisa jadi solusi dalam masalah mereka di lini belakang. Namun, nyatanya, bek Juventus ini belum dapat memperbaiki lini belakang Milan meski Vincenzo Montella mengubah skema bermain menjadi tiga bek. Begitu pula saat Gennaro Gattuso yang mengambil alih Milan.

Performa Bonucci jauh dari ekspektasi manajemen dan fans di lini belakang. Milan pun kini terpuruk di posisi 11 klasemen sementara Serie A 2017/18

9. James Rodriguez - 6,5

Pemain asal Kolombia ini direkrut Bayern Munchen dari Real Madrid dengan status pinjaman selama dua musim. Sempat kesulitan menembus tim utama di awal musim 2017/18, Rodriguez perlahan menunjukkan bahwa dirinya belum habis.

Ia tampil cukup kreatif dan membawa Munchen bangkit dan kembali memuncaki klasemen Bundesliga 2017/18 sementara. Hingga saat ini, dirinya telah tampil dalam 19 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 4 assist untuk Die Roten

8. Romelu Lukaku - 6,5

Diboyong dengan nilai 75 juta pound, Romelu Lukaku mengawali kariernya di Manchester United dengan sangat baik. Dirinya berhasil mencetak tujuh gol di tujuh pertandingan awal Premier League 2017/18. Sayangnya, dirinya tak menunjukkan konsistensi setelahnya.

Dalam 13 pertandingan berikutnya, Lukaku hanya mencetak tiga gol. Selain itu, dirinya juga tak dapat membantu banyak apabila The Red Devils menghadapi tim-tim besar. Total, Lukaku mencetak 15 gol (empat gol di Champions League, satu di UEFA Super Cup).

Catatannya sebenarnya tak buruk, namun tetap jauh dari ekspektasi 75 juta pound yang dikeluarkan manajemen United.

7. Alexandre Lacazette - 7

Delapan gol dan dua assist telah dicetak oleh Alexandre Lacazette pada musim perdananya di Premier League. Dirinya juga tampak dapat beradaptasi cepat dengan gaya permainan Arsenal. Sayangnya, Lacazette belum diberikan kepercayaan penuh oleh Arsene Wenger.

Meski jadi bomber utama The Gunners, seringkali Lacazette digantikan pada pertengahan babak kedua. Ia juga hanya dimainkan di ajang Premier League karena berbagi tugas dengan Olivier Giroud atau Danny Welbeck di ajang lainnya.

6. Alvaro Morata - 7,5

Debutan lain di Premier League yang memiliki laju positif di awal kariernya adalah Alvaro Morata. Diboyong Chelsea dari Real Madrid, catatan Morata cukup baik sejauh ini. Ia telah mencetak 12 gol dan empat assist dari 25 pertandingan di seluruh pertandingan. Kehilangan Diego Costa bukan lagi jadi masalah untuk The Blues.

5. Paulinho - 7,5

Diboyong dengan mahar 40 juta euro dari Guangzhou Evergrande, Paulinho diragukan oleh banyak pihak dapat masuk tim utama Barcelona, apalagi bermain bagus di skema permainan Ernesto Valverde. Nyatanya, dirinya kini telah mengemas enam gol dan dua assist dari 16 pertandingan La Liga.

Catatannya tersebut menjadikannya gelandang terproduktif di La Liga, bahkan mengalahkan catatan gol Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema yang hingga kini baru mengemas emapt gol.

4. Kylian Mbappe - 8

Meledak bersama AS Monaco pada musim 2016/17, penampilan Kylian Mbappe masih sangat konsisten saat dirinya direkrut Paris Saint-Germain pada musim panas 2017 lalu. Ia telah mengemas 12 gol dan 11 assist dalam 23 pertandingan di seluruh ajang.

Kehadirannya membuat lini depan PSG semakin variatif dan eksplosif. PSG dibawanya melaju kencang di Ligue 1 dan memuncakki klasemen Grup B Champions League 2017/18 di atas Bayern Munchen.

3. Ederson Moraes - 8,5

Pencarian penjaga gawang Manchester City tampak sukses pada musim panas 2017 lalu. Pembelian Ederson Moraes jadi solusi rapuhnya lini belakang City pada musim 2016/17 silam. Selain performa John Stones dan Nicolas Otamendi yang semakin solid, performa Ederson Moraes juga tak bisa dianggap sebelah mata.

Distribusi bola dirinya dari lini belakang serta perannya sebagai seorang sweeper keeper sangat luar biasa. Manchester City pun sejauh ini tampil tak terhentikan di Premier League. Eks kiper Benfica ini juga telah membuat sembilan clean sheet di ajang liga.

2. Neymar - 8,5

Mencetak 20 gol dan 27 assist bersama Barcelona pada musim 2016/17, catatan tersebut tampaknya dapat diulangi, bahkan dilampaui oleh Neymar bersama Paris Saint-Germain musim ini. Sejauh ini, pemain termahal dunia tersebut telah mengemas 17 gol dan 14 assist dari 20 pertandingan di seluruh kompetisi.

Neymar yang diberi peran bebas di lini depan PSG juga bermain dengan sangat baik. Meski sempat diterpa isu keharmonisan dengan Edinson Cavani, namun keduanya tampak tak lagi bermasalah dan tak berhenti mencetak gol.

1. Mohamed Salah - 9

Rekrutan dengan rapor terbaik jatuh kepada Mohamed Salah. Diboyong dengan harga 37 juta pound, penampilan Mohamed Salah sejauh ini jauh di atas ekspektasi seluruh elemen yang mendukung Liverpool. Ia menjelma jadi mesin gol untuk The Reds. Tak hanya itu, Salah juga dapat memberi assist ataupun perusak rapatnya lini pertahanan lawan.

Atribut kecepatan dan ketajamannya jadi yang paling menonjol sejauh ini. Sejauh ini, pemain Mesir tersebut telah mengemas 21 gol dan delapan assist dari 28 pertandingan di seluruh ajang.

0 komentar