10 Kiper Terbaik 2017


Jelang berakhirnya tahun 2017, banyak momen penting pada dunia sepak bola. Banyak pula pemain-pemain yang bersinar terang pada tahun ini dan menjadi sorotan banyak orang.

Kiper menjadi salah satu posisi krusial. Tak banyak kiper yang benar-benar bisa konsisten dan nama-nama besar tetap mendominasi sebagai kiper istimewa. 90min Indonesia mencoba merangkum 10 kiper terbaik 2017.

10. Gianluigi Donnarumma

Calon kiper masa depan Italia setelah Gianluigi Buffon. Bakat Donnarumma sangat luar biasa performanya pun menawan. Penampilan dia sepanjang tahun secara overall sebenarnya baik.

Jika AC Milan terpuruk, tak bisa menyalahkan Donnarumma. Organisasi pertahanan mereka memang sangat buruk dan sistem yang dimainkan pun masih belum jelas. Tak kaget jika Donnarumma pun harus mengandalkan skill tanpa tembok yang benar-benar kuat.

9. Hugo Lloris

Kapten sekaligus pemimpin Tottenham Hotspur. Dia jarang dibicarakan seiring performa gila Harry Kane sepanjang tahun. Tapi, performa Lloris hampir selalu prima.

Tak ayal, The Spurs menjadi tim keempat dengan kebobolan paling sedikit musim ini setelah Manchester United, Manchester City, dan Burnley. Sejak musim lalu pertahanan mereka dikenal sangat baik.

8. Samir Handanovic

Handanovic bisa dibilang salah satu kiper paling konsisten. Dia tak banyak dibicarakan tapi juga tak pernah tergeser dari posisi inti di Inter Milan. Musim ini dia sempat tampil sangat istimewa pada awal musim ketika Inter sulit dibobol.

Sayang, performa Inter secara keseluruhan menurun tapi mereka juga baru kebobolan 14 gol sama seperti Juventus dan hanya kalah dari AS Roma dan Napoli yang kebobolan 11 dan 13 gol.

7. Manuel Neuer

Nasib Neuer tak terlalu baik sejak musim lalu tapi menjadi dosa besar jika dia tak dimasukkan ke dalam kiper terbaik. Karena seyogianya kemampuan kiper satu ini masih di atas rata-rata kiper pada umumnya.

Dia saat ini memang sedang cedera, tapi kemampuannya ketika dipercaya selalu maksimal. Belum ada Sweeper Keeper sehebat Neuer saat ini.

6. Keylor Navas

Dibalik performa inkonsistensi Real Madrid pada awal musim, ada aksi menawan Navas yang terlihat. Ketika Sergio Ramos Dkk terlalu asyik menyerang, Navas sangat sering melakukan penyelamatan krusial yang notabene adalah kesempatan emas lawan.

Kiper ini benar-benar menunjukkan dirinya pantas berkostum Madrid dan menjadi andalan di sana. Sebuah Blessing in Disguise luar biasa bagi Madrid mendapatkan dia ketika gagal mendatangkan David De Gea beberapa tahun lalu.

5. Marc-Andre ter Stegen

Ketika Neuer tenggelam dan hilang karena cedera, kiper nomor satu Jerman jelaslah Ter Stegen. Sang pemain benar-benar tampil luar biasa musim ini bersama Barcelona.

Dia baru kebobolan tujuh gol di La Liga sepanjang musim atau yang tersedikit. Kemampuannya juga semakin berkembang. Bisa jadi kiper ini menjadi andalan utama Timnas Jerman di Piala Dunia nanti.

4. David De Gea

Salah satu pemain terpenting Man United. Terlepas dari bek mereka yang tampil sangat menawan musim ini dan tahun lalu, selalu ada momen terutama di laga penting ketika De Gea menjadi pahlawan mereka.

Pemain ini tetap menjadi kartu truff terpenting bagi Setan Merah di antara banyaknya bintang mereka di lini depan atau gelandang. Sosok yang rasanya tak tergantikan dalam waktu yang lama.

3. Jan Oblak

Berbicara Atletico Madrid, berarti kita membicarakan tentang salah satu tim dengan pertahanan terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Dan itu tak lepas dari seorang Oblak.

Atletico acap menemukan kiper-kiper andal tak terkecuali Oblak. Performa sang pemain luar biasa bahkan memiliki rasio kebobolan terendah di Spanyol. Dia dua kali beruntun jadi kiper terbaik La Liga pada dua tahun terakhir.

2. Thibaut Courtois

Kiper yang berkembang pesat dan menjadi sangat penting di Chelsea. Salah satu kiper yang juga dianggap terbaik dalam beberapa tahun terakhir terlepas dari usianya yang masih muda.

Performanya juga sangat konsisten bersama The Blues. Terlihat jelas bahwa tak hanya lini belakang mereka yang menawan, tapi kemampuan Courtois secara skill ataupun koordinasi sangat luar biasa.

1. Gianluigi Buffon

Tak bisa dimungkiri bahwa Buffon adalah kiper senior yang sudah sangat lama berada di level tertinggi. Tapi, performanya masih sangat super terlepas dari usia tuanya.

2017 menjadi kekecewaan bagi Buffon karena Italia gagal lolos ke Piala Dunia. Meski begitu, respek besar masih datang ke Buffon mengetahui performanya masih sangat luar biasa.

0 komentar