Transfer-Transfer Terbaik La Liga 2017/18 Sejauh ini?

Neymar boleh angkat kaki dari tanah Spanyol, namun deretan pesepakbola di bawah ini menunjukkan bahwa bursa transfer musim panas 2017 lalu sukses menghasilkan para pemain dengan performa mengesankan bersama klub mereka masing-masing..

Paulinho
Kita semua sepakat bahwa Paulinho adalah salah satu transfer yang paling meragukan di musim panas 2017 lalu. Harga €40 juta menjadi ganjalan bagi banyak pengamat karena pemain asal Brasil ini bukanlah gelandang tipikal yang ‘Barca banget’. Apalagi umur Paulinho sudah menginjak 29 tahun dan ia direkrut dari klub Liga Tiongkok.

Namun, ia mengubah pandangan orang banyak dengan menjawab kepercayaan pelatih anyar Barca Ernesto Valverde saat diturunkan di lapangan baik sebagai pemain pengganti maupun sebagai starter. Gol perdananya di Barca ia buat saat Barca membutuhkan tripoin di kandang Getafe. Ia yang datang dari belakang berhasil mengonversi umpan Lionel Messi dan Barca unggul tipis 1-2 di akhir laga.

Kini, ia sudah mencetak 6 gol serta 2 asis. Catatan yang luar biasa apalagi 4 dari 6 gol tersebut ia dapat dari hasil rebound, baik rebound tiang gawang maupun dari pemain lawan. Ia dimanfaatkan oleh Valverde sebagai pemain tengah yang merangsek ke kotak penalti saat Messi melakukan build up serangan dari lini tengah. Kredit tentu saja dilayangkan untuk Valverde karena ia mampu mengetahui betul kemampuan Paulinho dan bagaimana mengakomodir kemampuannya di lini tengah El Barca saat ini.

Christian Stuani
Saat penyerang veteran asal Uruguay ini hengkang ke Middlesbrough di Premier League pada 2015 lalu, saya berpikir Espanyol akan kehilangan salah satu pemain andalannya. Wajar saja, Stuani memang sudah membela Espanyol sejak 2012 hingga 2015 lalu. Belum lagi, pemain ini kerap bermain di klub La Liga lainnya seperti Racing Santander, Albacete, dan Levante.

Kini, pemilik 36 caps bersama tim nasional Uruguay ini kembali ke Katalunya untuk bermain di La Liga. Memang, ia tak lagi mengenakan seragam putih biru khas Espanyol. Namun ia kembali ke Katalunya untuk memperkuat klub promosi, Girona. Laga debutnya bersama Girona berakhir cukup manis dengan mencetak 2  gol untuk menahan salah satu raksasa La Liga yaitu Atletico Madrid dengan skor 2-2.
Kini ia sudah mencetak 9 gol dari total 21 gol yang Girona ciptakan musim ini. Hampir setengahnya adalah hasil dari penyerang asal Uruguay ini. Posisi Girona di klasemen sementara pun cukup oke yaitu di posisi 8 dengan mengumpulkan 23 poin dari 17 kali berlaga musim ini.


Maximiliano Gomez
Nah, yang ini adalah junior satu negara dengan Stuani. Pemuda 21 tahun bernama Maximiliano Gomez membuat ini serangan Celta lebih tajam lagi musim ini. Padahal, Iago Aspas pun sudah banyak membuat repot banyak tim lawan dan kali ini Gomez datang menggebrak La Liga dengan torehan 8 gol dan 3 asis sepanjang musim ini dan hanya terpaut 3 gol dengan seniornya, Iago Aspas di lini depan Celta.
Gomez direkrut Celta dari kesebelasan Defensor Sporting (salah satu klub di Uruguay) dengan mahar €4 juta saja dan merupakan investasi yang cukup menguntungkan bagi Celta tentunya. Jika terus berkembang, bukan tak mungkin pemuda asal Uruguay ini akan menjadi buruan banyak klub dan harga jualnya akan meningkat berpuluh kali lipat dari saat ia direkrut dari klub Defensor musim panas lalu.


Geoffrey Kondogbia
Sulit bersinar bersama Inter Milan, Kondogbia serasa mendapatkan tempat untuk terlahir kembali di Spanyol. Valencia yang meminjam talenta asal Prancis dari Inter Milan tersebut diuntungkan dengan kemampuannya menjadi benteng di lini tengah dalam skema 4-4-2 racikan Marcelino Toral. Duetnya bersama sang kapten Dani Parejo pun berjalan lancar sejauh ini.

Bahkan duet Kondogbia dan Parejo tercatat cukup rajin mencetak gol untuk seukuran pemain tengah. Kondogbia sudah mencetak 3 gol di La Liga dan mencatatkan 1 assist. Sedangkan Parejo pun mencetak 3 gol namun lebih banyak mencetak asis daripada Kondogbia yaitu 3 asis di La Liga. Wajar saja, Parejo bermain lebih advance ke depan sedangkan Kondogbia lebih banyak berkutat di tengah menjadi penjaga bagi lini bertahan mereka.
Jika Kondogbia terus bermain apik, bukan tak mungkin ia akan dipermanenkan oleh Valencia seperti apa yang Valencia lakukan terhadap Simone Zaza. Musim lalu, Zaza adalah pinjaman dan saat ini ia resmi bagian dari Valencia bahkan mampu bermain sangat cemerlang sepanjang musim ini.

Goncalo Guedes
Satu lagi bisnis cerdik pinjam-meminjam Valencia musim ini. Ia adalah Goncalo Guedes. Meski berstatus sebagai pemain pinjaman dari PSG menuju Valencia di awal musim ini, namun penampilan pemain muda asal Portugal tersebut menuai banyak pujian dari banyak kalangan penggemar dan pengamat La Liga Spanyol. Sejauh ini, pemain yang beroperasi di sayap kanan dan kiri Valencia tersebut sudah mencatatkan 3 gol serta 5 asis.

Bahkan beberapa waktu lalu, laman Bleacher Report menyebutkan bahwa CR7 menyarankan presiden Real Madrid, Florentino Perez untuk mengangkut Guedes ke Santiago Bernabeu. Hal ini juga dipermudah karena agen Guedes adalah agen yang sama dengan CR7 yaitu Jorge Mendes. Namun sayangnya, Guedes menderita cedera kaki yang ia dapatkan pasca melawan Barcelona beberapa waktu yang lalu.  Perihal hengkangnya Guedes musim dingin ini atau tidak masih dipertanyakan memang. Yang jelas, Valencia masih butuh jasanya untuk bersaing di papan atas La Liga hingga penghujung musim ini.


Pione Sisto
Jika melihat daftar pemberi asis terbanyak di La Liga sampai saat ini, mungkin kita agak heran dan asing dengan nama Pione Sisto.  Pemain kelahiran Uganda namun berkebangsaan Denmark ini adalah rekrutan baru Celta Vigo dari klub Denmark, FC Midtjylland dengan banderol €3,5 juta saja. Ia juga terhitung masih cukup muda yaitu masih berumur 22 tahun.

Catatan 9 asis yang lebih baik daripada beberapa pemain beken La Liga seperti seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Andres Iniesta ataupun Saul Niguez milik Atletico misalnya, membuat nama Pione mulai dikenal banyak orang terutama pemerhati La Liga. Asalkan terus konsisten di akhir  musim, ia bisa saja menjadi salah satu kandidat pencetak assist terbanyak La Liga musim ini.

Pablo Fornals
Seperti Pione Sisto yang bertengger sebagai pencetak asis terbanyak pertama, di nama kedua ada nama Pablo Fornals yang sejajar dengan Lionel Messi dalam urusan memberi asis. Fornals dan Messi sama-sama baru membuat 6 asis. Meski begitu, anak muda asal Spanyol ini patut dipuji karena baru berumur 21 tahun.
Besar di akademi milik Malaga, Fornals baru hengkang musim ini ke Villareal dengan mahar €12 juta. Cukup tinggi sebetulnya namun Fornals bisa membuktikannya di lapangan dengan 1 gol dan 6 asisnya tersebut. Ia juga tercatat cukup lihai memainkan berbagai posisi di lini tengah mulai dari gelandnag tengah, gelandang serang hingga gelandang kanan. 







0 komentar